Saturday, June 27, 2009

Ikut pelatihan

Sudah seminggu saya mengikuti pelatihan wasganis di makassar, ternyata semua tidak seburuk yang saya bayangkan, suasananya rileks tidak canggung, mungkin karena panitia dan sebagian peserta sudah terlebih dulu saya kenal. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta dari 3 propinsi yaitu propinsi sulawesi selatan, tenggara dan barat dan akan berlangsung sampai 28 hari mendatang.
Pelatihan ini diharapkan dapat mencetak tenaga pengawas tenaga teknis PHPL perencanaan hutan, terlepas dari kenyataan apakah mereka dapat difungsikan dikantor atau tidak. Ada banyak kerumitan jika berbicara soal kantor. Berbeda dengan pekerja swasta, dalam dunia perkantoran sipil ada sistem hierarki, dan semuanya diukur tidak dengan kepintaran atau pengetahuan yang dipunyai seseorang, tapi sejauh mana kedekatan dengan para pengambil keputusan. Karena itulah meskipun kami diharapkan bisa menjadi tenaga pengawas di dinas masing-masing, tapi saya sadar untuk tidak berharap terlalu banyak.
Hari ini, materinya tentang tata hubungan kerja, mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah. Cukup membosankan tapi thanks god pematerinya menyenangkan, so tidak sampai ketiduran. Perlahan-lahan saya mulai tau, pertanyaan yang selalu mengusik mulai terjawab. Utamanya apakah pegawai dinas kabupaten merupakan bawahan dari dinas propinsi? Ternyata tidak, keduanya berada pada posisi sejajar, propinsi tidak bisa seenaknya memerintahkan kabupaten untuk mengumpulkan data guna kepentingan mereka (hellow sobatku di dishut propinsi moga kmu membaca ini).
Pelatihan ini juga punya sesi praktek lapangan, jujur aja sesi ini yang paling saya nantikan. Saya tidak terlalu suka dikurung dalam ruangan kelas, rasanya aneh seperti kembali kuliah lagi Cuma kali ini nggak ada teman-teman dekat seperti nira dan fafat yang menyenangkan. Pelatihannya dimulai jam delapan pagi dan berakhir jam lima sore, nyaris tidak menyisakan waktu bagi saya untuk bersosialisasi dengan mall-mall yang banyak bertaburan di makassar, sesuatu yang tidak saya dapatkan dikolaka dan kelihatannya juga harus saya relakan disini hik..hik..hik...
Tapi saya tidak akan menyerah, pelatihan ini bagus untuk merangsang otakku, biar bisa senam lagi setelah selama ini kegemukan karna tidak ada hal menantang dari pekerjaan dikantor. So 22 hari lagi?...... siapa takut!!!! Enjoy aja.

No comments:

Post a Comment